Kamis, 16 Mei 2013


gugup saat disuruh presentasi didepan kelas ? gugup saat akan berkencan dengan pacar? atau tidak bisa duduk diam, tangan dan kaki anda gelisah ? Telapak tangan anda mulai berkeringat, tidak merasa tenang dan gugup?

Gugup adalah suatu penyakit yang bisa datang tiba-tiba. Gugup bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Gugup kadang terjadi saat kita berbicara dihadapan banyak orang, saat bertemu orang spesial, saat bertemu guru/dosen killer, dan gugup saat wawancara kerja. Terkadang penyebab kekacauan dana kehancuran pidato maupun pembicaraan kita adalah karena gugup.

Jika anda mengalami situasi gugup sebenarnya itu adalah sesuatu yang bagus untuk anda, pada gugup sebenarnya kita sedang melewati / keluar dari zona nyaman kita dan itu adalah sesuatu yg harus dihadapi. tetapi anggapan / persepsi negatif tentang rasa gugup menghalangi kita menuju level berikutnya sebagai manusia. 
 
salah satu cara mengurangi rasa gugup adalah janganlah kita membatasi diri terhadap apa yg menjadi potensi kita, cobalah menjalani sesuatu hal yg baru
 
Secara psikologis hal yg membuat gugup adalah pikiran ragu-ragu yang kita miliki. anda harus mengurangi pikiran2 tsb dan menutupinya dengan sesuatu yg membuat kita percaya diri.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa gugup :


  1. FOKUS PADA TUJUAN AWALKadang hal-hal konyol seperti bagaimana orang lain berfikir tentang penampilan kita dapat membuat kita gugup. solusinya adalah abaikan itu dan fokuslah pada tujuan awal kita berada. sebagai contoh saat sedang interview untuk mendapatkan pekerjaan fokuslah pada pertanyaan yang diajukan dan bagaimana kita bisa menjawab dengan baik. 
  2. CARILAH TEMAN YANG BERSAMA ANDAcara paling mudah untuk menghilangkan gugup adalah dengan mencari teman yang dapat membantu anda untuk tetap fokus pada masalah yang sedang dihadapi. 
  3. BUAT DIRI ANDA SIBUKadanya waktu kosong merupakan salah satu penyebab kita menjadi gugup. tetap fokus kan fikiran anda pada atau mengalihkan perhatian kepada sesuatu yang membuat anda tenang. 
  4. TAHU APA YANG AKAN ANDA KATAKANanda bisa menanyakan kepada beberapa public speaker yang sukses dengan persentasinya apa rahasianya. jawabannya adalah 'SIAP'. siap dengan rencana apa saja yg akan anda lakukan dan menyiapkan  langkah pencegahan/solusi atas kemungkinan yg akan terjadi.  
  5. BERSIKAP DAN BERFIKIR POSITIFketika kita berfikir tentang sesuatu dan itu akan cenderung menjadi kenyataan. segala sesuatu yang anda lakukan sebelumnya seperti berjalan, belanja atau membeli mobil bermula dari pikiran kita. berfikirlah positif tentang apa yang membuat anda gugup dan itu akan mengurangi rasa gugup 
  6. BERUSAHALAH BERPENAMPILAN BAIK YANG MEMBUAT ANDA NYAMAN SEHINGGA MENAMBAH KEPERCAYAAN DIRIMengenakan pakaian yang baik dapat menambah kepercayaan diri dan mengurangi kegelisahan anda serta itu akan menunjukkan bahwa anda menghormati diri anda sendiri dan orang lain di sekitarnya  
  7. Yakin, Yakin  adalah sebuah semangat dari dalam diri kamu.jika kamu yakin hal yang akan kamu lakukan akan berjalan dengan baik, karena dengan yakin anda akan berpikir positif, bersemangat, percaya diri dan bisa mengusir rasa gugup. tapi jika anda kurang yakin terhadap sesuatu yang akan anda lakukan, lebih baik anda membatalkan itu.
  8. Berdoa

    Yang terakhir adalah Berdoa, dengan berdoa, tuhan akan menolong hambanya yang mau berusaha dan berdoa. dan dengan berdoa hati anda akan menjadi lebih tenang dan lebih yakin dan percaya diri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar